Jumat, 23 Juli 2021

RPP KD 3.1 Matematika Peminatan Kelas XII

 

 

                              RENCANA PELAKSANAAPEMBELAJARAN  (RPP)

                                    Sekolah                     :SMA NEGERI 1 KEPANJEN

                                    Mata Pelajaran          : Matematika Peminatan

                                    Kelas/Semester        : XII/Ganjil

                                    Materi Pokok             : Limit fungsi Trigonometri

                                    Alokasi Waktu           : 180 Menit

 

A.   Kompetensi Dasar:

3.1  Menjelaskan dan menentukan limit fungsi trigonometri

4.1  Menyelesaikan masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri

B.   Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.    Menjelaskan arti limit fungsi trigonometri di suatu titik

2.    Menghitung limit fungsi trigonometri di suatu titik

3.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi trigonometri

4.    menghitung limit fungsi trigonometri di suatu titik dengan menggunakan rumus dasar trigonometri

5.     menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi trigonometri

 

 

C.   Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan 1

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik

sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi

selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Pengertian limit fungsi di suatu titik.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Menjelaskan tata cara penggunaan Modul

Kegiatan Inti ( 150 Menit )

Kegiatan

Literasi

Peserta didik Mulai mempelajari Modul sesuai dengan keinginanya. Bisa bentuk hard Copy atau shoft Copy. Pada kegiatan ini siswa diharapkan mencari sumber lain bisa membaca buku, literasi di internet atau melihat video yang terkait materi di internet.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,

dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian limit fungsi di suatu titik.Pada kegiatan ini pesertta didik bisa berkomunikasi dengan guru untuk mengajukan kesulitan kesulitan materi.

Collaboration

Peserta didik berdiskusi dengan teman temannya yang mempunyai kesulitan yang sama di vidcom dengan pengawasan guru., mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenaiPengertian limit fungsi di suatu titik.Pada kegiatan ini dengan sendirinya siswa yang mempunyai kemapuan belajar cepat akan dijadikan sentral diskusi. Hal ini kita harapkan menjadi titor sebaya. Apabila ada murid yang ingin penjelasan guru guru menjelaskan secara personal. Kalau jumlah besar bisa cara klasikal.

 

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja individu secara klasikal, mengemukakan  pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh individu yang mempresentasikan. Pada kegiatan ini siswa bisa berkomunikasi langsung dengan guru melalui chat di lms, WA atau vidcom. Pada kegiatan ini guru menyediakan waktu untuk vidcom setidaknya 30 menit.

 

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian limit

fungsi di suatu titik. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami Untuk siswa yang belajar cepat bisa langsung mengerjakan latihan soal dan menunjukkan hasil pada guru untuk penilaian. Pada kegiatan inilah dengan sendirinya anak yang mempunyai kemampuan belajar cepat akan terus dan meninggalkan yang lainnya. Sehingga pada pertemuan berikutnya siswa belajar cepat ini akan mempelajari modu selanjutnya.

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran

yang baru dilakukan. Pada kegiatan ini kesimpulannya tiap anak terkait batasan materi berbeda beda sesuai dengan kecepatan belajar siswa.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang

baru dilakukan untuk memberikan penguatan pada siswa. Kegiatan ini didasrkan pada pembelajaran yang batasan kecepatannya yang mayoritas. Dengan tujuan agar anak yang belum mencapai materi bisa melanjutkan dan yang sudah melewati lebih paham lagi.

 

 

Pertemuan 2

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik

sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi

selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Pengertian limit fungsi di suatu titik.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Menjelaskan tata cara penggunaan Modul

Kegiatan Inti ( 150 Menit )

Kegiatan

Literasi

Peserta didik Mulai mempelajari Modul sesuai dengan keinginanya dan sesuai dengan yang diperoleh sebelumnya. Bisa bentuk hard Copy atau shoft Copy. Pada kegiatan ini siswa diharapkan mencari sumber lain bisa membaca buku, literasi di internet atau melihat video yang terkait materi di internet.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,ndimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pada pembuat pertanyaan ini disesuaikan dengan apa yang menjadi batasan mereka tentang materi yang sudah dipelajari..Pada kegiatan ini pesertta didik bisa berkomunikasi dengan guru untuk mengajukan kesulitan kesulitan materi. Kegiatan ini bisa dilakukan melalui LMS dengan chat pada guru. Guru inventaris pertanyaan siswa.

Collaboration

Peserta didik berdiskusi dengan teman temannya yang mempunyai kesulitan yang sama di vidcom dengan pengawasan guru, atau mereka dengan salaing televon melalui WA dengan teman temannya.Pada kegiatan ini dengan sendirinya siswa yang mempunyai kemapuan belajar cepat akan dijadikan sentral diskusi. Hal ini kita harapkan menjadi tutor sebaya. Apabila ada murid yang ingin penjelasan guru guru menjelaskan secara personal. Kalau jumlah besar bisa cara klasikal.

 

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja individu secara klasikal, mengemukakankepada guru  pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh individu yang mempresentasikan. Pada kegiatan ini siswa belajar cepat bisa lanjut pada bagian di modul yang lainnya.

 

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian limit fungsi di suatu titik. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami Untuk siswa yang belajar cepat bisa langsung mengerjakan latihan soal dan menunjukkan hasil pada guru untuk penilaian. Pada kegiatan inilah dengan sendirinya anak yang mempunyai kemampuan belajar cepat akan terus dan meninggalkan yang lainnya. Sehingga pada pertemuan berikutnya siswa belajar cepat ini akan mempelajari modul selanjutnya.

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran

yang baru dilakukan. Pada kegiatan ini kesimpulannya tiap anak terkait batasan materi berbeda beda sesuai dengan kecepatan belajar siswa.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang

baru dilakukan untuk memberikan penguatan pada siswa. Kegiatan ini didasrkan pada pembelajaran yang batasan kecepatannya yang mayoritas. Dengan tujuan agar anak yang belum mencapai materi bisa melanjutkan dan yang sudah melewati lebih paham lagi.

 

 

D.   Penilaian Hasil Pembelajaran

-        Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan

-        Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio

 

 

Kepanjen, 12 Juli 2021

 

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Kepanjen                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs. Sugeng Satrio Utomo, S.Pd , M.Pd                             Sujianto, S,Pd

NIP 196510111998031002                                                      NIP 197401082005011006

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

 

Alat Penilaian Tes

Penilaian pengetahuan : Tes tulis pilihan ganda (terlampir)

 

Non Tes :

         Penilaian sikap              : Pengamatan (terlampir)

         Penilaian keterampilan : Unjuk kerja (terlampir)

 

        Prosedur Penilaian

No.

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

1.

Sikap

a.       Disiplin

b.      Jujur

c.       Kerjasama

d.      Percaya Diri

e.       Toleransi

Pengamatan aktivitas di kelas  online

Selama pembelajaran berlangsung

2.

Pengetahuan

3.1  Menjelaskan dan menentukan limit fungsi trigonometri

 

Tes tertulis pilihan ganda untuk  mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyampaikan

kembali materi yang dipelajarinya

Pada saat pendalaman materi atau       setelah pembelajaran

3.

Ketrampilan

4.1  Menyelesaikan masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri

 

Portofolio dan diskusi

Pada saat presentasi dan diskusi, serta portofolio

 

        Instrumen Penilaian (Terlampir)

         Kognitif diukur dengan lembar evaluasi

         Psikomotor diukur dengan lembar LKPM

         Afektif diukur dengan lembar pengamatan

Rencana Tindak Lanjut hasil penilaian

 

a.                   Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tes formatif kognitif dan psikomotorik

b.                  Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan

 

Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.                   Bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari KKM diadakan remedial

b.                  Pengayaan dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKM, tetapi peserta didik belum puas dengan hasil belajar yang dicapai.

 

Media pembelajaran

 

Audio dan video : gawai yang di dalamnya mengaplikasikan voice note WA, google classroom, you tube, website, webmeet dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi nyata Modul 3.3

  AKSI NYATA MODUL 3.3   PENGELOLAAN PROGRAM  YANG BERDAMPAK PADA MURID Oleh :  Sujianto, S.Pd Guru Matematika SMAN 1 Kepanjen       C...