Sabtu, 02 Oktober 2021

Tugas Eksplorasi Materi modul 3.3

 Tugas Modul 3.3.a.4

 

 EKSPLORASI  KONSEP

PEGELOLAAN PROGRAM  YANG BERDAMPAK 

PADA MURID


 

  

 

Oleh

 

Sujianto, S.Pd

Guru SMA Negeri 1 Kepanjen

CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang


1.      Dari tayangan tentang bentuk-bentuk program yang berdampak pada murid, tuliskan dampak pada murid yang dapat Anda amati dari program-program yang ada dalam tayangan video.

 

Nama program

Dampak pada murid yang dapat diamati

Program yang berfokus pada kepemimpinan murid

Dampak dari program ini yaitu siswa dapat belajar dengan senang, ceria, dan gembira. Siswa dapat menuangkan ide-ide dan gagasan yang mereka miliki terkait dengan kelas/sekolah impian yang mereka inginkan dengan menyenangkan dan penuh antusiasme. Siswa terlatih bekerjasama dan saling bahu membahu untuk mewujudkan kelas/sekolah impiannya. Siswa juga terlatih untuk mampu berkomunikasi karena dikahir kegiatan siswa melakukan sharing/berbagi terkait kegiatan yang mereka lakukan dalam mewujudkan kelas/sekolah impian mereka.

Program sekolah yang berfokus pada kepemimpinan murid

Dampak dari program ini yaitu siswa dilatih untuk melakukan pengendalian diri melalui kegiatan doa bersama, siswa dilatih menjadi anak yang jujur, cerdas, peduli sesama, serta bertanggung jawab. Siswa juga dilatih untuk memaknai pesan- pesan nilai kemanusiaan yang di dapat dari setiap materi pelajaran yang mereka pelajari. Melalui kelas integrasi kakak kelas yang besar dilatih untuk menjadi pemimpin agar mampu membimbing adik-adiknya. Melalui kegiatan praktik siswa dapat belajar dengan aktif dan menyenangkan.

Kepemimlinan kepala sekolah yang inovatif

Dampak program ini yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar dan juga siswa senang dan nyaman dalam belajar. Melalui kelas berkonsep siswa menjadi betah belajar di kelas dan juga mereka dapat dengan mudah memahami materi yang dipelajari.

Contoh program sekolah adiwiyata

Dampak program ini yaitu siswa menjadi lebih memahami dan sadar akan menjaga lingkungan sekolah. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, dan asri maka mereka akan nyaman juga dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Selain itu, siswa juga dapat dengan bebas berkreatifitas untuk membuat taman sehingga sekolah menjadi lebih hijau dan asri. Dampak lainnya yaitu siswa menjadi betah berada di sekolah terutama pada jam-jam istirahat.


Contoh sekolah alam

Dampak program ini yaitu siswa menjadi lebih nyaman di dalam belajar. Siswa tidak hanya belajar di dalam kelas saja, melainkan juga belajar di luar kelas dan di sekitar lingkungan sekolah. Selain itu, siswa lebih banyak diajak untuk belajar praktik langsung sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. Siswa di sekolah ini juga mulai dapat menunjukkan presatasinya baik di bidang akademik maupun non akademik

Contoh program yang melibatkan peran serta masyarakat

Dampak dari program ini yaitu wajib belajar 9 tahun dapat dijalankan dengan baik, angka putus sekolah semakin berkurang, para siswa dapat tertampung dalam proses belajar yang lebih baik. Para siswa tamatan SD yang akan melanjutkan ke tingkat SMP menjadi senang dan bahagia karena sekarang sudah ada SMP yang dekat dari tempat tinggal mereka. Program ini juga menumbuhkan harapan yang tinggi bagi para generasi emas bangsa untuk memajukan negara Indonesia.

 

2.      Refleksikan program-program yang telah dilaksanakan di sekolah Anda. Apakah program- program tersebut sudah berdampak pada murid? Pilih satu program dan jawab pertanyaan berikut:

a.      Apa nama dan tujuan program?

b.      Apa saja aktivitas yang ada dalam program (Apa yang dilakukan murid/guru/kepala sekolah jika ada?)

c.       Apa dampak yang dapat diamati pada murid?

d.      Apakah program yang Anda ceritakan di atas sudah mengikuti tahapan BAGJA?

 

Nama Program

Membangun Kurikulum Operasional Sekolah

 

Tujuan Program

Melakukan penjaminan mutu internal dalam pelaksanaan Pembelajaran pada murid.

 

Aktifitas pada Program

a.       Guru

1.    Semua guru berperan serta dalam penyusunan perangkat pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik yang berpihak pada murid sesuai dengan Sekolah Sistem Kredit Semester (SKS)

2.    Memberikan pengalaman belajra murid sesuai dengan kebutuhan murid.

b.      Kepala Sekolah

1.      Membimbing para guru di dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Sekolah penyelenggara SKS dan berdiferensiasi.

2.      Melaksanakan pembinaan pada guru tentang pembelajaran yang berpihak pada murid dan berdiferensiasi.

3.      Melakukan Monitoring melalui kegiatan supervisi pada guru saat melaksanakan pembelajran.

4.      Melakukan evaluasi tentang keberhasilan program dan kendala yang dihadapi.

 

c.       Murid

Mengikuti pembelajaran dengan aktif, kreatif dan gembira selalu.

 

Dampak bagi Murid

Adapun dampak dari program ini bagi murid yaitu murid dapat mendapatkan pengalaman belajar  yang aktif, kreatif, dan menyenangkan dan yang terpenting sesuai dengan kebutuhan mereka. Murid juga dapat menikmati sarana prasarana pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

 

Tahapan BAGJA

Menurut saya program ini sudah mengikuti tahapan BAGJA karena program ini dimulai dari analisis kebutuhan siswa  dengan pendekatan aset yang dilaksanakan sebelum tahun ajaran baru dan disesuaikan dengan visi dan misi sekolah.

 

 

3.      Setelah mengetahui bagaimana sebuah pelaporan harus dipertanggung jawabkan, mulai dari perencanaan, monitoring, evaluasi hingga pelaporan, apakah program sekolah yang Anda ceritakan di atas sudah memperhatikan hal-hal tersebut?

 

Program yang saya sampaikan di atas sudah mengikuti tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

a.       Perencanaan

Program ini di direncanakan setelah adanya evaluasi akhir tahun pelajaran sebelumnya dan hasil raport sekolah yang dinilai LPMP tentang pencapaian raport kinerja 8 standart. Kegiatan ini diawali dengan rapat waka, staff dan Kepala Sekolah. Setelah itu diadakan pembentukan panitia In House Training ( IHT).

b.      Pelaksanaan

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu pelaksanaan IHT dengan pemateri Dari Propinsi Jawa Timur yang materinya terkait Penguatan Penyelenggaraan SKS dan penyusunan perangkat pembelajaran. Setelah Kegiatan IHT guru menyusun perangkat pembelajaran. Selanjutnya diadakan refleksi lebih lanjut tentang perangkat yang disusun dan dengan adanya kegiatan verifikasi penyelenggaraan SKS akhirnya kita mengetahui kelemahan dan kekurangan perangkat dan penyelenggaraan SKS. Kemudian didata lagi tentang aset yang sudah dimiliki dan dilanjutkan dengan IHT yang kedua yaitu tentang Membangun Kurikulum Operasional Sekolah. Kegiatan ini pada akhirnya disusun KTSP dan E KTSP.

c.       Monitoring

Kegiatan monitoring dengan dilaksanakan supervisi oleh kepala sekolah pada guru guru. Pada kegiatan supervisi ini guru mendapatkan refleksi terhadap cara pembelajaran mereka.

d.      Evaluasi kegiatan

Evaluasi kegiatan dilakukan setiap ada kegiatan yang dilakukan misalnya setelah IHT ke-1, IHT ke-2, dan supervisi.

 

4.      Berikan catatan Anda tentang identifikasi risiko yang dilakukan oleh sekolah dalam merencanakan dan mengelola program yang Anda ceritakan di atas.

 

Kondisi saat ini

Kondisi yang Akan datang       

Risiko

Strategis

Keuangan

Operasional

Pemenuhan

Reputasi

Ada Guru dalam menyusun perangkat pembelajaran belum mencerminkan untuk SKS yaitu Berdiferensiasi

Semua Guru dalam menyusun perangkar sesuai dengan sekolah penyelenggara SKS yaitu Berdiferensiasi dan pembelajarannya kreatif, inovatif dan menyenangkan.

SemuaGuru yang sudah mendapatkan materi di IHT ke-1 dan ke-2 dapat menyusun perangkat yang ssesuai. Dan pembelajrannya kreatif, inovatif dan menyenangkan

Modal Keuangan dari dan BOS dan partisipasi Masyarakat.

Semua pihak yang yang terkait dapat menjalankan apa yang menjadi tanggung jawabnya

Semua kegiatan Pembelajaran pada siswa berlangsung secara inovatif kreatif dan menyenagkan serta berdiferensiasi

Pelaksanaan Pembelajaran yang tidak kreatif, inovatif dan menyenagkan tidak terjadi dampaknya minat belajar siswa turun dan akhirnya prestasi turun dan dampaknya pada PPDB peminat kecil.

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi nyata Modul 3.3

  AKSI NYATA MODUL 3.3   PENGELOLAAN PROGRAM  YANG BERDAMPAK PADA MURID Oleh :  Sujianto, S.Pd Guru Matematika SMAN 1 Kepanjen       C...