Minggu, 20 Juni 2021

 

AKSI NYATA MODUL 1.3  

VISI GURU PENGGERAK

Oleh : Sujianto, S.Pd
Guru SMAN 1 Kepanjen
Kab. Malang - Jatim

CGP Angkatan ke-2


Pada aksi nyata kali ini dimulai dengan perencanaan kami yang kami tuangkan pada BAGJA di bawah ini

Demonstrasi kontekstual-menerapkan Inkuiri Apresiatif

 


PRAKARSA

PERUBAHAN

Penerapan Inkuiri Apresiatif dalam Kedisiplinan siswa dan guru dalam ketepatan Waktu pelaksanaan Pembelajaran 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

Prestasi apa yang sudah dicapai siswa dan guru dalam ketepatan waktu pelaksanaan Kegiatan pembelajaran

·         Setiap hari dating 25 menit sebelum KBM dimulai.

·         Memantau siswa yang datang sebelum dimulai ( dengan berada di gerbang sekolah)

·         Myang datang terendata siswa yang hadir terlambat dengan melihat buku catatan keterlambatan siswa dari piket Tatib

·         Memantau rekan guru yang datang sebelum KBM

·         Mendata guru yang datang terlambat dari data piket KBM

A-mbil pelajaran (Discover)

Apakah hal positif yang dapat terjadi pada siswa dan guru yang datang tidak terlambat dan datang terlambat?

Ø Pada siswa yang datang Diatas 5 menit sebelum pelajaran dimulai napak mereka senang dan gembira sambil bercanda dengan teman temannya, pakaian rapi, dan rata rata mereka memiliki budi pekerti yang diatas raata rata baiknya..

Ø Pada siswa yang datang  antara  0 – 5 menit sebelum pelajaran dimulai Nampak seperti yang diatas tetapi mereka jalannya sudah dipercepat sehingga sudah tidak lagi bercanda dengan temannya dan sedikit tergesa gesa.

Ø Pada Siswa yang datang terlambat pastilah mereka tergesa gesa dan kadang kadang mengabaikan keselamatan diri mereka, pakaian biasanya tidak rapi.

Ø Untuk guru yang hadir diatas 5 menit sebelum pelajaran dimulai biasanya wajahnya dengan senang dan gembira dan sambil menyiapkan materi pasti mereka melihat proses kehadiran siswa biasanya mereka berada di tempat tempat strategis yang bias memantau anak didik.

Ø Untuk guru yang hadir antara 0 – 5 biasanya datang masuk ruang guru menyiapkan pelajaran dan tidak lagi memantau kedatangan siswa, tetapi mereka masih terlihat kondisi yang gembira dengan bercanda dengan ekan sejawat.

Ø Untuk guru yang datang pada pas bel masuk atau terlambat biasanya tidak sempat bergurau dan langsung hadir ke kelas, sehingga tidak sempat menyiapkan pembelajaran, biasanya emosi agak sedikit tinggi dan sensitive..

G-ali mimpi (Dream)

Apakah yang kita dapatkan seandainya guru dan murid tepat masuknya pada setiap pembelajaran?

Seandainya semua siswa dan guru sama sama  hadir di sekolah sebelum pelajaran dimulai setidaknya 10 menit tentunya pembelajaran pasti dapat direncanakan dan dilaksanakan secara menyenangkan baik untuk guru dan siswa, sehingga dampaknya siswa dapat menguasai dan memahami materi dan tentunya akhirnya terwujudlah tujuan  pembelajaran.

J-abarkan rencana (Design)

Strategi apa yang dapat dilakukan untuk mewujudkan guru dan siswa datang 10 menit sebelum pembelajaran di mulai

1.  Menyiapkan pada diri kita sendiri untuk hadir di sekolah setidak tidaknya 15 menit sebelum pelajaran dimulai dan segera masuk kelas jika sudah bel masuk.

2.  Berkolabarasi dengan teman sejawat untuk mengajak mendisiplinkan siswa tetapi secara halus kita mengajak mereka untuk memantau kehadiran siswa.

3.  Berkolaborasi dengan BP/BK sekolah untuk penanganan siswa terlambat.

4.  Berkolaborasi dengan tenaga keamanan sekolah untuk kenyamanan dan keamanan siswa dan guru pada penyeberangan jalan.

5.  Berkoordinasi dengan pimpinan untuk turur serta memantau kehadiran siswa dan membentuk suatu tim untuk mendata keterlambatan siswa dan keterlambatan guru.

6.  Memberikan pujian atau ucapan selamat pada siswa yang datang tidak terlambat.

7.  Bertegur sapa dengan guru guru yang datang tidak terlambat dengan kata kata yang positif..

A-tur eksekusi (Deliver)

Untuk Mewujudkan rencana diatas siapakah yang akan menjadi pelaksananya?

1.  Pelaku utama adalah Kita seorang guru memberikan contoh nyata dengan datang 15 menit sebelum pelajaran dimulai.

2.  Siswa sebagai komponen utama diberikan sosialisasi melalui pembinaan oleh wali kelas, guru mapel, Upacara Bendera dan  Tim tatib

3.  Kepala sekolah yang sebagai komponen utama yang mengesahkan kebijakan dengan membentuk tim tatib, wali kelas jad pembina Upacara. Sekaligus memberikan punishment pada guru yang sering terlambat. Hal  lain kepala sekolah juga memberi contoh pada guru dan siswa dengan datang setidak tidaknya 20 menit sebelum KBM sekaligus memantau siswa dan guru.

4.  Membentuk Tim Tatib dan Piket KBM.

5.  Membuat petunjuk operasional tim Tatib dan tim piket KBM.

6.  Koordinasi dengan BP/BK sekolah terkait siswa yang sering tidak masuk dengan dibuat alur POS penangan siswa terlabat

7.  Berkoordinasi dengan tim keamanan Sekolah ( Satpam)

8.  Orang tua sebagai komponen pendukung diharapkan untuk memotivasi anak agar bangu dan pergi ke sekolah tidak terlambat. Hal ini disosialisasikan awal siswa masuk untuk kelas X, Akhir semester pada saat  pengambilan raport, dan panggilan khusus siswa bermasalah.

9.  Masyarakat sekitar terutama sopir angkot agar diupayakan datang jangan sampai melebihi  waktu bel masuk, biasanya melalui sosialisasi melalui anak yang naaik angkot

  \

Di suatu pagi yang penuh dengan suasana kesejukan dan nyaman..... tampak hiruk pikuk kendaran di depan sekolah kami tercinta... 

SMA Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur


 Waktu telah menunjukkan pukul 07.00, satu jam kedepan kegiatan pembelajaran akan dimulai.
Tampak geliat perputaran roda kegiatan sayup sayup mulai nampak dengan hadirnya sang pendidik tuk mendampingi dan menuntun siswa meraih cita dan asa mereka....



Pemangku kepentingan juga terlibat ... disini telah hadir juga untuk memberikan ucapan selamat datang pada siswa... 
Terlihat bapak Kepala Sekolah Drs. Sugeng Satrio Utomo, S.Pd, Mpd, Waka Kesiswaan Muhammad Ali, S.Pd dan Kepala Tata Usaha Drs. Bambang siap sedia menyambut kedatangan murid...


Tidak  ketinggalan Bapak Ibu Guru sudah banyak juga yang hadir... padahal pembelajaran akan dimulai 45 menit lagi...
Nampak suasana Ruang Guru Telah ramai suara canda ria dan senyum tergambarkan....


Tampak suasana Pintu gerbang masuk mulai ramai dengan murid tuk menuntut ilmu... pembelajaran akan dimulai 45 menit lagi....



 Tampak Petugas keamanan Merupakan unsur penting pada sekolah ini dengan perannya memberikan kenyamanan pada warga sekolah untuk menyeberang jalan dengan aman.



Tidak ketinggalan guru yang bertugas untuk menjaga ketertiban siswa juga hadir dan memantau proses mereka masuk ke sekolah...


Sekarang kita tengok suasana kelas, kegiatan pembelajaran akan dimulai 35 menit lagi.

Tampak suasana kelas ramai dengan canda tawa murid, kelihatannya murid sudah hadir semua. Kelihatan bahwa  mereka memiliki keinginan tidak mau terlambat ...




Sepenggal cerita pagi ini merupakan bagian dari kebiasaan guru dan murid di SMAN 1 Kepanjen. Guru kita telah sadar kebiasaan datang tidak terlambat membawa hal positif pada murid...

Murid terinspirasi untuk datang tidak terlambat, mereka memang memiliki semangat yang luar biasa dan mereka akan berusaha membuat bangga orang tua dengan keberhasilan mereka.....


Terima kasih......


2 komentar:

Aksi nyata Modul 3.3

  AKSI NYATA MODUL 3.3   PENGELOLAAN PROGRAM  YANG BERDAMPAK PADA MURID Oleh :  Sujianto, S.Pd Guru Matematika SMAN 1 Kepanjen       C...